Wednesday, January 31, 2018

Jumat Ceria Bersama SDN Dlambah Dajah


SDN Dlambah Dajah 2 setiap hari jumat tepatnya pukul 07.30 melaksanakan senam bersama. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dan guru-guru. Adanya kegiatan senam  di SDN Dlambah Dajah 2 menarik perhatian kelompok KKN 59 untuk ikut berpartisipasi memandu senam dan memberikan semangat baru bagi siswa SD. Pada tanggal 19 Januari 2018  kelompok KKN 59 ikut secara langsung memandu senam bersama dengan siswa dan guru SDN Dlambah Dajah 2. Sebelum senam dimulai para mahasiswa KKN melakukan pengenalan diri kepada siswa dan ice breaking “ tepuk semangat ” kegiatan ini cukup menarik perhatian  siswa- siswa SDN Dlambah Dajah 2. Untuk selanjutnya  kegiatan yang dinanti – nanti yaitu senam bersama. Nah, untuk senam di SDN ini sendiri  terdapat  4 senam diantaranya senam sehat anak bangsa, senam pinguin , senam gemu fa mire dan senam naik naik kepuncak gunung. Keceriaan siswa SDN saat melakukan senam bersama mahasiswa KKN terlihat sangat antusias dan riang gembira. Mayoritas siswa ikut serta aktif mengikuti gerakan yang dipandu oleh mahasiswa KKN.

Setelah menguras keringat dengan penuh kegembiraan para siswa beristirahat, dimana ada siswa yang istirahat dikelas dan ada juga yang membeli jajanan disekolah. Dalam waktu 15 menit berlangsung guru mengomando siswa untuk melakukan kegiatan kerja bakti bersama dengan mahasiswa KKN. Seluruh siswa mengikuti kerja bakti dengan membawa beberapa perlengkapan alat seperti sapu lidi, dan cikrak. Sementara para mahasiswa KKN membawa peralatan seperti beberapa sapu lidi dan clurit untuk memangkas rumput. Kegiatan kerja bakti ini dimulai dihalaman sekolah dengan mengambil beberapa sampah plastik dan mencabut rumbut. Beberapa siswa sedang mencabut rumput, menyapu halaman, mengambil sampah dan membuang sampah pada tempat sampah. Kegiatan diakhiri  dengan mencuci tangan bersama siswa dan mahasiswa KKN.  Kerja bakti berlangsung sesuai dengan yang diharapkan dimana seluruh siswa ikut serta dalam melakukan kerja bakti, dan saling bekerja sama dengan riang gembira bersama teman sejawatnya.

Selain adanya program unggulan, kami kelompok KKN 59 UTM di desa Dlambah Dajah juga memiliki program pendukung. Salah satu program pendukung yang kami miliki yaitu, bimbingan belajar untuk siswa-siswi Sekolah Dasar yang ada di desa Dlambah Dajah. Di desa Dlambah Dajah sendiri pendidikan Sekolah Dasar ada sebanyak 3 sekolahan,SDN Dlambah Dajah 1, SDN Dlambah Dajah 2, dan yang terakhir SDN Dlambah Dajah 3. Bimbingan belajar atau yang biasa disingkat dengan BIMBEL ini merupakan salah satu program kerja KKN kelompok 59 dalam memberikan bantuan belajar kepada anak-anak tentang materi yang sudah diberikan oleh guru di sekolah. Tujuan dengan diadakannya program bimbingan belajar ini untuk meningkatkan belajar siswa di sekolah dan memotivasi siswa dalam belajar. Sasaran program bimbingan belajar ini hanya dikhususkan untuk siswa-siswi Sekolah Dasar yang ada di desa Dlambah Dajah.

Nah, untuk pelaksanaan bimbel sendiri dilaksanakan satu minggu dua kali yaitu, hari Jum’at dan Minggu. Setiap hari Jum’at kegiatan ini dilaksanakan sekitar pukul 14.00, sedangkan untuk hari Minggu dilaksanakan pada pukul 09.00. Setiap kali pertemuan, bimbel dilaksanakan kurang lebih selama satu jam. Bimbel  ini diadakan di dua  tempat menginggat situasi dan kondisi siswa. Untuk siswa SDN Dlambah Dajah 1 dan SDN Dlambah Dajah 2 di  Balai Desa, sementara untuk bimbel SDN Dlambah Dajah 3 diadakan di sekolah tersebut menginggat bahwa lokasi rumah siswa jauh dari balai desa.


Kegiatan bimbel ini ditunjukkan sebagai salah satu bentuk kecintaan kelompok KKN 59 terhadap pendidikan di Desa Dlambah Dajah. Diharapkan dengan adanya bimbel ini siswa di desa ini dapat lebih bersemangat dalam belajar, sehingga apa yang mereka cita-citakan dapat terwujud.




0 comments:

Post a Comment